SUS GEDEBAGE KOTA BANDUNG

Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage

Written By Tim Informasi Bandung on Kamis, 14 Juli 2011 | 14.28

Rabu, 6 Juli 2011, pukul 12.00 WIB, Walikota Bandung, Dada Rosada, menekan tombol sirine yang menjadi tanda simbolis bahwa pembangunan Stadion Gedebage memasuki tahap konstruksi vertikal. Gedebage, sebuah kawasan di Bandung Timur setidaknya tengah bergeliat dengan proyek pembangunan stadion olahraga yang sudah lama diidam-idamkan masyarakat Jawa Barat.

Pembangunan stadion olahraga yang terletak di Kelurahan Rancanumpang ini diharapkan bisa menampung 60.000 hingga 80.000 penonton. Bandingkan dengan Stadion Si Jalak Harupat, di Soreang- Kab. Bandung yang hanya menampung 30.000 penonton. Impian berdirinya stadion megah bertaraf internasional ini tentunya menjadi kareueus (kebanggaan) tersendiri bagi warga Bandung, khususnya. Proyek stadion ini dibangun di atas lahan 20 hektare dianggarkan dana Rp 494 miliar dan rencana terselesaikan akhir 2011. Namun, pada kenyataanya banyak hambatan yang harus dilalui, dari mulai masalah pembebasan lahan hingga tarik ulur antara Pemkot Bandung dengan Pemprov Jabar. Akan tetapi, pembangunan SUS Gedebage ini terus berjalan.

Konsep pembangunan stadion yang dikerjakan PT Adhi Karya ini, berbentuk oval dengan atap yang menutupi seluruh tribun penonton. Pihak kontraktor awalnya menawarkan konsep stadion dengan atap yang hanya menutupi tribun utama (VIP) dan tribun timur. Namun walikota menginginkan semuanya tertutup. Dari maket pembangunan kawasan Gadebage, rencana untuk kompleks stadion dan sarana olahraga terdiri atas stadion utama (sepakbola, atletik), Gedung KONI Kota Bandung, sarana olahraga indoor serta pembangunan hotel. Dikabarkan rumput yang digunakan pada area lapangan menggunakan rumput standar federasi sepakbola internasional (FIFA). Rumput itu jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr, yakni rumput kelas satu standar FIFA. Dengan kata lain, jika hujan turun saat pertandingan sepakbola, lapangan tidak akan nguyumbang alias tergenang, karena air cepat terserap.

Ada sebuah harapan tersembul dengan adanya SUS Gedebage ini, gairah olahraga di Kota Bandung bisa lebih menggeliat, arus wisatawan semakin banyak yang masuk, hingga nama Kota Bandung dapat lebih dikenal. Semoga saja pembangunan stadion megah ini bisa berjalan lancar dan selesai sesuai target (rencananya pada 2012). Tentunya pula, berbagai pihak yang berperan dalam pekerjaan tidak ngabuntut bangkong alias tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas dengan baik sesuai mandat. Semoga pula tidak ada kasus-kasus semacam korupsi dan sebagainya yang bisa menghinggapi sebuah proyek pembangunan di negeri ini, bak kasus Wisma Atlet atau Hambalang! Sareukseuk ningalina ge!

Sumber : Informasi-bandung.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s