Stadion Sepakbola Kebanggaan Warga Gedebage

Dalam waktu dekat ini, masyarakat Bandung akan memiliki stadion sepakbola berkelas internasional. Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage Kota Bandung yang terletak di Kecamatan Gedebage itu dipastikan bakal menjadi kebanggaan masyarakat Bandung dan Jawa Barat.
Tidak heran bila pembangunan stadion yang merupakan bagian dari tujuh program prioritas Kota Bandung yang digelorakan Walikota Bandung, Dada Rosada, ini selalu dinantikan warga Bandung. Apalagi fanatisme warga Bandung, dan juga Jawa barat, terhadap sepakbola sudah tidak asing lagi.

“Antusias masyarakat Bandung dan Jabar pada umumnya sangatlah besar. Potensinya pun sangat besar, termasuk Bandung memiliki klub yang sangat dibanggakan yakni Persib. Pantas bila kemudian kami mencoba mengapresiasi dengan membuat stadion bertaraf internasional,” ungkap Dada beberapa waktu lalu (Selasa, 26/3).

Dada mengatakan bahwa pembangunan bidang olahraga ini tidak terlepas dari penguatan prasarana dan sarana olahraga, sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandung tahun 2005-2025. Dalam RPJMD ini disebutkan bahwa pencapaian visi Kota Bandung sebagai Kota Jasa yang Bermartabat dilaksanakan melalui tuju skala prioritas. Yakni diantaranya, meningkatkan kesejahteraan sosial dan mengembangkan budaya kota yang tertib, aman, kreatif, berprestasi dalam menunjang kota jasa bermartabat.

Untuk melaksanakan misi tersebut, dilaksanakan berbagai program pendukung serta pengembangan kebijakan dan manajemen olahraga. Selain tentunya program pembinaan dan pemasyarakatan olahraga, dan program peningkatan sarana dan prasarana olahraga.

“Di sinilah kiranya benang merah mengapa pemerintah Kota Bandung merasa perlu untuk membangun sebuah Stadion Sepakbola bertaraf internasional. Dengan harapan peningkatan kualitas prasarana dan sarana olahraga dapat meningkatkan prestasi olahraga khususnya sepakbola di masa mendatang,” kata Dada.

Dada berharap prestasi yang berhasil diukir Persib terus ditingkatkan dengan prasarana yang memadai. Apalagi Kota Bandung pun memiliki catatan perjalanan prestasi sepak bola yang cukup membanggakan sehingga menjadi pemacu semangat untuk mendongkrak kembali prestasi. Hal ini pula yang membuat Pemkot Bandung tidak lelah membangun olahraga sepakbola dan cabang olahraga lainnya melalui peningkatan kualitas prasarana dan sarana penunjangnya selain pembinaan.

Sepanjang sejarah, tercatat sejumlah prestasi tim sepakbola kebanggaan yakni Persib. Beberapa prestasi yaitu sebagai jawara kompetisi sebanyak empat kali pada tahun 1961, 1986, 1990, dan 1994. Selain itu, menjadi peringkat kedua pada tahun 1950, 1959, 1966, 1983, dan 1985. Keperkasaan tim Persib mencapai puncaknya dengan meraih Juara Liga Indonesia pertama tahun 1995.

Fanatisme pendukung Persib yang selalu mendukung tim kesayangannya terutama bermain kandang juga menjadi alasan lain pembangunan stadion ini. Kehadiran bobotoh,  mendukung moral pemain untuk memberikan yang terbaik buat Persib.

“Jika melihat lapangan yang dipergunakan sekarang tentunya penuh keterbatasan. Bila stadion bertaraf internasional ini sudah dapat dipergunakan tentunya lebih memberikan kenyamanan bagi bobotoh dan Persib tentunya,” ujar Dada.

Tujuan lain yang tidak kalah penting dari dibangunnya SUS Gedebage ini, masih kata Dada, adalah untuk menjamu penyelenggaraan pesta olahraga PON XIX di Jawa Barat 2016 nanti. Jawa Barat menjadi tuan rumahnya. SUS Gedebage ini akan dipersiapkan semaksimal mungkin untuk mensukseskan pelaksanaan PON karena merupakan satu-satunya stadion sepakbola bertaraf internasional di Jawa Barat.

Untuk diketahui, pembangunan SUS ini dengan kontrak tahun jamak (Multiyear Contract) selama lima tahun anggaran, dari tahun 2009 sampai tahun 2013. Total penganggaran, sesuai Perda No. 6/ 2009 dan Perda No.10/2011 tentang Kegiatan Pembangunan Stadion Utama Sepakbola Gedebage dalam tahun jamak sebesar Rp 623,7 miliar, dengan pelaksana proyek PT. Adhi Karya

Dengan luas lahan 25,50 hektar dan luas bangunan sekitar 2.483 meter persegi yang terdiri dari empat lantai ini mampu menampung 38.000 kursi penonton. Sementara itu, luas total tribun adalah 21.784 meter persegi, dan luas useable area sekitar17.706 meter persegi.

Sedangkan eberapa fasilitas andalan dalam stadion ini adalah fasilitas penonton untuk kursi roda penyandang cacat sebanyak 60 space, termasuk toilet  khusus difable 2 unit; tribun Someah khusus untuk pendukung lawan tanding sebanyak 5000 kursi; kaca lapis anti peluru 7,2 m x 2 m sebanyak 3 unit di ruang VVIP Lounge dan Royal Box; Scoring Board standar FIFA ukuran  13 m x 5 m sebanyak 2 unit; athletic track sintetik 8 lajur; kursi tribun tip up standar FIFA 38.000 unit; helipad dan lapangan parkir menampung 53 bus, 2.514 kendaraan roda 4 dan 1.701 kendaraan roda dua

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s